STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafis
KOMPETENSI DASAR
1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
INDIKATOR KD 1
§ Mengidentifikasi program disain grafis
§ Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
DISAIN GRAFIS CorelDRAW 12
A. Pengertian
Disain grafis adalah program yang digunakan untuk
merancang, mendisain suatu bentuk gambar, logo, foto dan
lain sebagainya. Dengan menggunakan program ini kita dapat leluasa
melakukan perubahan dan pengeditan gambar sehingga sesuai dengan
keinginan kita, karena program ini menyediakan banyak fasilitas sesuai
dengan kebutuhan kita dalam mendisain.
Program untuk disain grafis ada bebearap macam diantaranya :
1. Adove Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
8. Adobe Photoshop
9. Corel PhotoPaint
10. Macromedia X-Res
11. J Paintshop
12. Metacreations Painter
13. Metacreations Live Picture
14. Micrografx Picture Publisher
15. Microsoft Photo Editor
16. QFX
17. Wright Image
B. Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2 macam yaitu
disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1. Disain Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang
berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar beberapa kali gambar
tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang sangat banyak
dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis vektor adalah :
1. Adobe Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Scalable Vektor Graphics (SVG)
2. Encapsulated Postscript (EPS)
2. Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang
memiliki berjuta-juta titik atau pixel dengan warna yang menawan. Jika
gambar diperbesar beberapa kali gambar menjadi kabur, pecah dan tidak
enak dilihat karena gambar memiliki titik atau pixel warna yang sedikit
dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan tidak enak dilihat.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap adalah :
1. Adobe Photoshop
2. Corel PhotoPaint
3. Macromedia X-Res
4. J Paintshop
5. Metacreations Painter
6. Metacreations Live Picture
7. Micrografx Picture Publisher
8. Microsoft Photo Editor
9. QFX
10. Wright Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1. Graphics Interchange Format (GIF)
2. Joint Photographic Experts Group (JPEG)
3. Portable Network Graphics (PNG)
4. Windows Bitmap (BMP)
PROSES INSTALASI
1. Tutup semua aplikasi yang masih aktif.
2. Masukkan CD CorelDRAW 12 ke dalam CDROM drive.
3. Program autorun akan memulai proses instalasi.
4. Ikuti instruksi proses instalasi selanjutnya sampai selesai.
5. Restart computer untuk memastikan program CorelDRAW 12 sudah terinstalasi dengan baik.
PROSES UNINSTALL
1. Pada taskbar Windows, klik Start > Setting > Control Panel.
2. Klik 2 kali ikon Add Remove Programs.
3. Pilih aplikasi CorelDRAW 12, klik tombol Change or Remove
4. Ikuti langkah-langkah berikutnya hingga proses uninstall selesai.
FITUR-FITUR BARU CORELDRAW 12
- Peningkatan Fitur Scalable Vector Grapichs (SVG)
- Ekspor ke dalam Format Ms Office
- Multiple Language Support
Menampilkan teks secara praktis dalam berbagai macam bahasa dan system operasi - Dynamic Guides
Memindah, meratakan, dan menggambar objek yang berhubungan dengan objek lain - Fitur Shape Recognition
Mengenali dan mengkonversi hand-drawn shape ke dalam bentuk yang sempurna. Untuk menggunakan fitur ini, gunakan Smart Drawing Tool - Peningkatan Fitur Snapping
Menentukan letak suatu objek secara tepat terhadap objek lain - Fitur Text Alignment
Optimalisasi pelurusan teks - Duplikasi Objek Properties, Transformasi, dan Efek
Gunakan Eyedropper Tool dan Paintbucket untuk menyalin warna, properti objek, efek, dan transformasi suatu objek ke objek yang lain - Virtual Segment Delete Tool
Menghapus bagian dari suatu objek, memunculkan Virtual Line Segment yang berada pada perpotongannya - Peningkatan File Compatibility
- Peningkatan Fitur Symbol
koleksi symbol diatur dalam Symbol Manager untuk mempermudah dalam bekerja menggunakan symbol eksternal dan koleksi simbol - 3-Point Drawing Tools
Mempermudah menetapkan ukuran bangun datar
A. MEMBUKA PROGRAM CorelDRAW 12
Langkah membuka program CorelDRAW 12 :
1. Klik Start
2. Program
3. CorelDraw Graphics Swite 12
4. Klik CorelDRAW 12
Contoh tampilan lembar kerja CorelDraw
B. MENU DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian
yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari
keduanya yang diletakkan pada bagian bawah menu bar
C. Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Disain Grafis
File
|
Edit
|
View
|
Layout
|
Arrange
|
Effects
|
Bitmaps
|
Text
|
Tools
|
Window
|
Help
|
A. Megidentidikasi Komponen Menu
1. Menu File
Komponen Menu
|
Fungsi
|
New (Ctrl + N)
|
Membuka dokumen baru yang masih kosong
|
New Form Template
|
Membuka file baru dari disain template
|
Open (Ctrl + O)
|
Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
|
Close
|
Menutup file
|
Save (Ctrl + S)
|
Menyimpan file disain grafis
|
Save As
|
Menyimpan dengan nama yang baru
|
Revert
|
Balik ke pertama kali sebelum disimpan
|
Acquire Image
|
Memberi efek image/gambar
|
import
|
Mengimpor file dari program lain
|
Export
|
Mengirim gambar ke program lain
|
Send To
|
Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
|
Print (Ctrl + P)
|
Mencetak disain grafis
|
Print Preview
|
Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
|
Print Setup
|
Mengatur hasik pencetakan
|
Prepare For Service Bureau
|
Mengubah file ke CDR
|
Publish To The Web
|
Menyimpan ke halamn Web
|
Publish To PDF
|
Menyimpan dalan bentuk file PDF
|
Document Info
|
Meminta properties tentang dokumen
|
2. Menu Edit
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z)
|
Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
|
|
Redo
|
Untuk kembali ke sesudahnya
|
|
Repeat (Ctrl+R)
|
mengulang
|
|
Cut (Ctrl+X)
|
Memotong objek
|
|
Copy (Ctrl+C)
|
Menggandakan objek
|
|
Paste (Ctrl + V)
|
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
|
|
|
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam kondisi tertentu
|
|
Delete
|
menghapus
|
|
Symbol
|
Mengedit simbol
|
|
Duplicate
|
Menggandakan tanpa clipboard
|
|
Clone
|
Menggandakan mengikuti objek utama
|
|
Copy Properties From
|
Mengopi dari properties
|
|
Select All (Ctrl + A)
|
Untuk memblok/menandai semuanya
|
|
Find and Replace
|
Mencari dan mengganti
|
|
Insert Internet Object
|
Menyisipkan objek dari web
|
|
Insert New Object
|
Menyisipkan objek yang baru
|
|
Properties
|
Menampilkan properties objek
|
3. Menu View
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Sipmple Wireframe
|
Menampilkan layar simple wireframe
|
|
Wireframe
|
Menampilkan layar dalam modus kasar
|
|
Draft
|
Menampilkan objek dalam modus kasar
|
|
Normal
|
Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
|
|
Enhanced
|
Menampilkan layar dalam modus halus
|
|
Full Screen Preview
|
Menampilkan dalam bentuk layar penuh
|
|
Preview Selected Only
|
Menampilkan halaman tertentu
|
|
Page Sorter View
|
Menampilkan semua halaman dalam sorter
|
|
Ruler
|
Menampilkan atau menghilangkan penggaris
|
|
Grid
|
Menampilkan atau menghilangkan garis latar
|
|
Guidelines
|
Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
|
|
Show
|
Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan lain-lain
|
|
Enable Rollover
|
Menampilkan atau menghilangkan tampilan undo, redo
|
|
Snap to Grid
|
Menuju garis
|
|
Snap to Guidelines
|
Menuju garis bantu
|
|
|
Menuju ke objek tertentu
|
Grid and Ruler Setup
|
Mengatur garis dan mistar
|
Guidelines Setup
|
Mengatur garis bantu
|
Snap to Objects Setup
|
Menuju setup objek
|
1. Menu Layout
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Insert Page
|
Menyisipkan halaman baru
|
Delete Page
|
Menghapus halaman
|
Rename Page
|
Mengubah nama halaman
|
Go To Page
|
Menuju ke halaman tertentu
|
Switch Page Orientation
|
Berpindah ke orientasi halaman
|
Page Setup
|
Mengatur setup halaman
|
Page Background
|
Mengatur latar halaman
|
2. Menu Arrange
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Transformations
|
Mentranspormasikan objek
|
Clear Transformations
|
Menghilangkan transformation
|
Align and Distribute
|
Mengatur pendistribusian
|
Order
|
Mengatur posisi objek
|
Group
|
Menggabung objek
|
Ungroup
|
Menguraikan/memisahkan dari group
|
Ungroup All
|
Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
|
Combine
|
Mengombinasikan
|
Break Apart
|
Memecah objek
|
Lock Object
|
Mengunci objek
|
Shaping
|
Mengubah bebtuk objek
|
3. Menu Effects
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Adjust
|
Untuk mengatur komposisi
|
|
Transform
|
Untuk mentransformasi
|
|
Corrections
|
Untuk mengoreksi
|
|
|
Untuk memberi garis seni
|
|
Belnd
|
Untuk menggabungkan 2 objek
|
|
Contour
|
Untuk memberi kontur gambar
|
|
Envelope
|
Membuat lipatan-lipatan pada gambar
|
|
Extrude
|
Untuk memberi efek extrude
|
|
Lens
|
Untuk memberi efek lensa
|
|
Add Perspective
|
Untuk memberi perspektif gambar
|
|
Power Clip
|
Untuk memberi efek power Clip
|
|
Rollover
|
Untuk memberi efek putar
|
|
Clear Effect
|
Untuk menghilangkan efek
|
|
Copy Effect
|
Untuk menyalin efek
|
|
Clone Effect
|
Untuk menggandakan efek
|
4. Menu Bitmaps
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Convert to Bitmap
|
Untuk mengkonversi ke modus bitmap
|
|
Edit Bitmap
|
Untuk mengedit disain berbasis bitmap
|
|
Crop Bitmap
|
Untuk memotong objek bitmap
|
|
Trace Bitmap
|
Untuk membagi bitmap
|
|
Resample
|
Untuk mengembalikan ke aslinya
|
|
Mode
|
Untuk memberi mode
|
|
Inflate Bitmap
|
Untuk membuat flat bitmap
|
|
Bitmap Color Mask
|
Untuk memberi warna
|
|
Resolve Link
|
Untuk mengambil dari halaman internet
|
|
Update Form Link
|
Untuk mengupdate dari internet
|
|
3D Effects
|
Untuk memberi efek 3 dimensi
|
|
Art Strokes
|
Untuk memberi efek seni
|
|
Blur
|
Untuk memberi efek blur
|
|
Camera
|
Untuk memberi efek difuss
|
|
Color Transform
|
Untuk mentransformasi warna
|
|
Contour
|
Untuk memberi kontur
|
|
Creative
|
Untuk memberi efek buatan sendiri
|
|
Distort
|
Untuk memuat bentuk tertentu
|
|
Noise
|
Untuk memberi efek terang gelap
|
|
|
Untuk mempertajam
|
1. Menu Text
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Format Text
|
Untuk memformat teks
|
Edit Text
|
Untuk memperbaiki teks
|
Insert Character
|
Untuk menyisipkan karakter
|
Fit Text to Path
|
Untuk menggabungkan teks ke objek
|
Fit Text to Frame
|
Untuk menggabungkan teks ke frame
|
Align to Baseline
|
Untuk meratakan
|
Straighten Text
|
Komponen teks
|
Writing Tool
|
Untuk menampilkan tool pengetikan
|
Change Case
|
Untuk mengatur besar kecil huruf
|
Make Text Web Compatible
|
Menggunakan teks dari web yang cocok
|
Convert
|
Untuk mengubah teks
|
Text Statistics
|
Properties teks
|
Show Non-Printing Characters
|
Untuk menampilkan efek noncetak
|
Link
|
Untuk menyambungkan ke internet
|
Unlink
|
Untuk memutuskan hubungan dengan internet
|
2. Menu Tools
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Options
|
Untuk menampilkan options
|
|
Customization
|
Untuk menampilkan tools
|
|
Color Management
|
Untuk menampilkan format warna
|
|
Save Settings As Default
|
Untuk menyimpan setting
|
|
Object Manager
|
Untuk menampilkan objek manajer
|
|
Object Data Manager
|
Untuk menampilkan data manajer
|
|
View Manager
|
Untuk menampilkan zoom manajer
|
|
Link Manager
|
Untuk menampilkan link
|
|
Undo Docker
|
Untuk menampilkan docker undo
|
|
Internet Bookmark Manager
|
Untuk menampilkan bookmark
|
|
Color Styles
|
Untuk menampilkan format pewarnaan
|
|
Palette Editor
|
Untuk menampilkan palette
|
|
Graphic and Text Styles
|
Untuk menampilkan grafik
|
|
|
Untuk menampilkan dari halaman internet
|
3. Menu Window
Komponen Menu
|
Fungsi
|
New Window
|
Untuk membuka pane yang baru
|
Cascade
|
Untuk penampilan cascading
|
Tile Horizontally
|
Untuk menampilkan tile horizontal
|
Tile Vertically
|
Untuk menampilkan tile vertikal
|
Arrange Icons
|
Untuk menampilkan semua ikon
|
Color Palettes
|
Untuk menampilkan palette
|
Dockers
|
Untuk menampilkan docker
|
Toolbars
|
Untuk menampilkan toolbar
|
Close
|
Menutup
|
Close All
|
|
Refresh Window
|
Untuk memperbarui tampilan
|
4. Menu Help
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Help Topics
|
Untuk meminta bantuan per topik
Untuk menutup semua
|
CorelTUTOR
|
Untuk meminta bantuan secara tutorial
|
What’s New
|
Untuk meminta informasi fasilitas terbaru
|
Technical Support
|
Untuk mengetahui teknis operasi
|
Corel on the Web
|
Untuk meminta informasi Corel di internet
|
About CorelDraw
|
Untuk meminta informasi Corel yang digunakan
|
Komentar